Skip to main content

Uji Kejujuran Iklan Perguruan Tinggi

’’Dalam dunia periklanan (advertising) kontemporer, keberhasilan sebuah iklan adalah ketika ia mampu ’menipu’ secara cerdik setiap konsumen, sehingga pemakai barang / jasa tanpa reserve mengikuti apa yang dikehendaki sang produsen, dengan suka rela dan kesadaran penuh’’ (Albert Hill, dalam Advertising’s Image, 2002:104).

Manajemen PT di Tanah Air kini memasuki tata kelola gaya university entrepreneurship. Sejak 10 tahun terakhir, berbagai PT membangun citra pelayanan kepada masyarakat melalui perang iklan. Bak politisi yang sedang menjaring suara pemilih dalam pemilu, setiap memasuki tahun ajaran baru, media dibanjiri iklan perguruan tinggi, dengan beragam bentuk dan model.

Teknik pencitraan melalui pemasangan iklan di berbagai media itu terbukti efektif menjaring calon konsumen untuk jatuh hati, dan akhirnya menentukan pilihannya. Hal ini membuktikan, iklan yang dikemas apik tak hanya mampu membangun dan memulihkan citra suatu produk, tetapi juga sukses ’’menipu’’ calon konsumen, seperti disampaikan Hill.

Pertanyaannya, mungkinkah mereka menggugat manajemen PT terkait dengan iklan bodong PT di media, jika fakta dan data yang disajikan ternyata berbalikan? Apa hak masyarakat untuk mengontrol iklan tersebut agar tak merugikan kedua belah pihak?

Sistem akuntabilitas publik, khususnya manajemen PT di Indonesia, memang belum sampai kepada pertanggungjawaban publik yang bisa diuji secara hukum nasional. Selain itu, belum ada aturan yang mewajibkan mereka untuk melakukan uji pertanggungjawaban publik atas apa yang disampaikannya kepada khalayak umum.

Namun khalayak, masyarakat, dan calon mahasiswa bisa melakukan uji pribadi dengan menilai dan mengukur kejujuran, kebenaran, dan kevalidan iklan PT dengan teknik track record examination. Langkah tersebut kini makin strategis dilakukan masyarakat / calon mahasiswa, sebelum ia benar-benar menjadi bagian dan kuliah di PT tersebut.

Cara Menguji

Dalam buku University Honesty (How to Assess the Truth of University Advertisment), Debby Malcolm (2006) menyebutkan di era liberalisme pendidikan tinggi dewasa ini, masyarakat mestinya mengedepankan kritisisme sehingga tak mudah dipermainkan oleh manajemen PT.

Malcolm menyebutkan ada dua strategi menguji tingkat kejujuran, kebenaran, dan validitas iklan PT. Pertama, benchmarking, yakni membandingkan antara fakta masa lalu dan fakta masa kini, baik dalam output produk jasa layanan maupun alumninya.

Apakah fakta dan data yang disajikan PT tersebut benar dan jujur, atau sebaliknya, dapat terlihat jelas dari rekam jejak sejarah dalam periode tertentu. Makin mustahil fakta-data yang disajikan, makin bodong iklan tersebut. Begitu pula sebaliknya.

Kedua, fakta-data yang alamiah dan nalar-wajar. Di Amerika, kata Malcolm, sekitar 75 persen fasilitas atau sarana-prasarana yang disajikan dalam iklan PT adalah bodong belaka, dan hanya 25 persen yang jujur dan benar.

Memang ada yang benar, tetapi lebih banyak yang bodong. Karena itu, nalar dan kewajaran menjadi filter penting yang akan menyaring berjuta data dan informasi yang disajikan dalam iklan perguruan tinggi.

Dengan sikap tersebut, masyarakat sudah menolong dirinya sendiri untuk tidak terjebak, apalagi tertipu, hanya oleh iklan sabun PT. Banyak media dan bahan rujukan lain yang bisa diakses masyarakat, untuk mengetahui kejujuran dan kebenaran iklan tersebut.

Bagi manajemen PT sendiri, berbohong dalam beriklan sebenarnya merupakan upaya bunuh diri dan menggali kubur sendiri. Sebab, langkah demikian hakikatnya adalah ’’bom waktu’’ yang siap meledak kapan dan di mana pun.
(suara merdeka)

Comments

Popular posts from this blog

Sadar atau Tidak

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘memplokoto’?. Kalau kita searching di google istilah ‘memplokoto’ berasal dari bahasa jawa yang sinonimnya dipulosoro. Contoh; si Andi ‘memplokoto’ si iwan, itu artinya sadar atau tidak sadar si Iwan telah dipentung dari belakang oleh si Andi walaupun kelihatannya si Andi menolong si Iwan. ( nama Andi dan Iwan hanya ilustrasi ) Kalau kita cermati kejadian senada banyak terjadi di organisasi maupun di lingkungan masyarakat. Telah banyak pembahasan baik di forum resmi maupun tidak resmi tentang kritikan-kritikan tentang suatu kebijakan tetapi tentu saja banyak yang beranggapan ‘kenapa kita ngurusi yang tidak perlu’, mungkin saja topiknya dianggap tidak menarik atau tidak seksi untuk sebagian orang. Pertanyaanya, sadarkah kita telah diplokoto?. Seandainya kita sadar, sudah bisa dipastikan kita hidup dengan keputusasaan atau kita menganggap kita terlalu lemah. Seandainya kita tidak sadar dan kita menikmati pristiwa demi pristiwa, sesungguhnyalah

Software Simulasi CAT Tes CPNS

Sebagaimana telah banyak diberitakan di media masa bahwa pada tahun 2014 ini perekrutan tenaga ASN CPNS dan PPPK seluruh Indonesia akan menggunakan sistem CAT yang terhubung secara online. Metode CAT-BKN merupakan metode seleksi CPNS yang sedang booming saat ini. Tak ayal berbagai kalangan masayarakat pun ingin mencoba metode itu. Sebelumnya masyarakat mencoba CAT-BKN dengan datang ke Gedung BKN atau pameran-pameran yang diadakan BKN. Kini  Software Simulasi CAT Tes CPNS  dapat di unduh oleh semua orang. Masyarakat yang berminat dapat melakukan simulasi CAT-BKN secara mandiri. Anda berminat silahkan didownload:  Software Simulasi CAT Tes CPNS   Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT: Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh. Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum,. Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umu

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Dapatkan   Kulit Sehat :   Anda   akan   terlihat lebih muda   saat kulit   a nda   terhidrasi   dengan baik .   Air   membantu   untuk mengisi   jaringan kulit ,   melembabkan   kulit dan   meningkatkan   elastisitas kulit . Produktivitas   yang lebih baik   di Tempat Kerja :   Otak Anda   sebagian besar terdiri   dari   air ,  sehingga   minum   air membantu   Anda   berpikir lebih baik ,  menjadi lebih   waspada dan   lebih terkonsentrasi .   Latihan   yang lebih baik :   Minum air   mengatur suhu tubuh anda .  Itu berarti   anda   akan   merasa lebih   energik   ketika melakukan   latihan .  Air juga   membantu   untuk bahan bakar   otot   anda .   Menurunkan Berat Badan :   Minum air   mengurangi   kelaparan ,   itu adalah   penekan   nafsu makan   yang efektif   sehingga anda   akan   makan lebih sedikit .  Plus,   air memiliki   kalori   nol .  Berikut adalah   rincian lebih lanjut   tentang cara untuk mencapai   kehilangan lemak   dengan minum   air .   Obat